Tuesday, June 21, 2011

SUSULLAH "IA" DENGAN KEYAKINAN TINGGI

Di tengah suasana yg menegangkan seperti ini , dimana masa depan kita pertaruhkan , bimbang , bingung , antara optimis dan pesimis yang berjalan beriringan  , maka yakinlah temand bahwa Tuhan telah menggariskan jalan hidup kita . Dia tahu apa yg terbaik untuk kita saat ini dan esok nanti .  Semoga tulisan ini bermanfaat bagi temand-temand dan dapat memberikan motivasi serta semangat . Maaf bila ada salah kata .

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” ( QS. Ar-Raad:11 )

Kehidupan ini tak akan terlepas dari hukum dualisme alam dimana ada suka ada duka , ada pahit ada manis , ada kesuksesan ada pula kegagalan , dsb . Pada dasarnya manusia diciptakan untuk sukses bukan untuk gagal . Manusia memiliki impian untuk diwujudkan dan cita-cita untuk diraih . Manusia adalah makhlukNya yg paling sempurna dan diciptakan dlm sebaik-baik bentuk . Itulah nikmat yg Allah berikan kepada kita hingga menduduki jabatan pretis sebagai “khalifah” di bumi.
            Kesuksesan adalah sesuatu yang harus dicari dan diusahakan . Mereka yang memiliki keyakinan tinggi , kemauan untuk belajar dari kegagalan , berani memanfaatkan peluang dalam kesempatan , kepribadian yang tangguh , maka akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meraih kesuksesan . Namun karena kesempurnaan hanya milikNya , tiada satu manusia pun yang tak merasakan pahitnya kegagalan . Kegagalan bukanlah suatu yang terhindarkan tapi ia dapat kita hindari . Ia adalah sebuah fitrah dalam kehidupan manusia .
            Sayangnya seringkali kita temui , bahkan saya sendiri pernah memaknai negatif arti sebuah kegagalan . Ketika suatu keadaan yang tidak saya harapkan justru mendekat , kekecewaan dan kesedihan bercampur jadi satu , saya pun hampir tak luput dari sebuah keputusasan . Namun di balik semua itu saya sadar ada ayat yang menyebutkan bahwa “ Sebab di balik kesukaran pasti ada keringanan” . Di balik kegagalan pasti ada kesuksesan yang tersembunyi . Jika mau jujur , kegagalan merupakan kompilasi dari kesalahan dan kelalaian kecil yang menumpuk .
            Janganlah temand-temand menganggap bahwa “ aku gagal karna takdir , aku tidak mampu karna nasibku memang begini , aku sedang menerima cobaan shg ak harus bersabar” . Itu hanyalah potret ketakutan dalam diri seseorang . Mereka takut memulai dan mencoba . Mereka takut untuk bangkit kembali . Dgn menyalahkan takdir , mreka hnya akn memupuk benih-benih kemalasan atas nama kepasrahan . Jika kita pahami lebih mendalam , kegagalan adalah salah satu momok penghalang kreativitas , pembunuh inovasi dan penghambat produktivitas . Takut gagal berarti takut mengambil resiko . Takut mengambil resiko sama halnya dengan takut mencoba hal-hal yang baru .
KEGAGALAN ADALAH PROSES BELAKA BUKANLAH HASIL
            Kegagalan hidup yang sebenarnya adalah ketika seseorang selalu merasa takut dalam meraih segala sesuatu . Padahal selama kita bisa memaknai kegagalan itu sendiri , dapat kita gunakan sebagai amunisi untuk meraih kesuksesan . Yang pasti , jika kita merasa menemui kegagalan , berarti kita belum berusaha secara maksimal atau mungkin kita perlu mencobanya sekali lagi . Pangkal kegagalan yang sebenarnya berasal dari diri kita sendiri . Janganlah bersikap pasif dengan hanya menunggu dan menunggu seolah-olah emas akan turun dari langit .

“Tidak ada yang bisa menggantikan arti penting dari kegigihan dan keuletan . Bakat pun tidak , sebab ada sekian banyak orang gagal walaupun sebenarnya mereka berbakat . Pendidikan juga tidak bisa menggantikan, sebab banyak orang yang berpendidikan tinggi yang tidak bisa mencapai kesuksesan hingga ijazahnya lapuk dimakan oleh jamur dan waktu . Kegigihan , keuletan dan tekad yang membara untuk mengejar suatu tujuan itulah yang dapat mendobrak kelembamanmu , mendobrak segala rintangan yang menghadang dan memandumu untuk mencapai tujuan yg diinginkan”

            Hidup memang selalu penuh dengan dinamika , seperti perputaran roda , terkadang di atas , terkadang pula dibawah , satu kali sukses satu kali gagal ato bahkan satu kali sukses ratusan kali gagal . Dengan kata lain kesuksesan dan kegagalan adalah suatu proses sedangkan yang gagal adalah peristiwanya, sehingga sukses dan gagal bukanlah tujuan akhir melainkan sebuah perjalanan . Sebagai manusia yang diberi akal dan pikiran , seharusnya kita bisa menentukan sikap dalam menghadapi kedua hal tersebut . Jadikanlah kegagalan sebagai pengalaman berharga sekaligus pemicu bangkitnya potensi yang lebih besar yg selama ini tersembunyi dalam diri kita . Sebaliknya jadikanlah kesuksesan sbg nikmat yang wajib dsyukuri bukan dibanggakan apalagi sampai membuat kita takabur dan luppa diri . Naudzubillahimindzalik .
Pada suatu kesempatan , temand saya pernah berkata , bahwa : “ Para optimisme selalu memandang peluang dalam kesempatan sedangkan Para pesimisme selalu memandang peluang dalam kesempitan” Dapat kita petik bahwa , untuk menjadi calon orang sukses , selalulah optimis dalam melakukan segala sesuatu . Optimis dalam belajar sehingga kita akan lbh mudah termotivasi . Namun dalam konteks lain , jangan jadikan keoptimisan itu sebagai sebuah ambisi yang berlebihan , optimis dan pesimis seharusnya dapat berjalan bersama-sama , jika terlalu optimis maka ketika suatu keadaan tidak berjalan sesuai yang kita harapkan , maka akan terasa sangat sakit . Dalam hal ini , pesimis juga sangat diperlukan sebagai penyangga ketika atap akan runtuh . Menjaga segala kemungkinan terburuk akan lebih baik daripada hanya mengandalkan intuisi yang blm tentu sesuai harapan karna sesungguhnya rejeki , jodoh dan kematian sudah diatur oleh Sang Maha Pencipta .
            Hidup adalah perjuangan . Hidup adalah percobaan . Tak ada kata “gagal” dalam kehidupan manusia . Kegagalan tidak lain adalah proses menuju kesuksesan . Kesuksesan diawali dari mimpi . Manusia harus memiliki mimpi karna ia adalah bagian terpenting dalam kehidupan manusia . Dengan bermimpi , kita akan tergerak untuk berusaha dan berjuang . Dengan kepercayaan diri , kegigihan , ketekunan dan bimbinganNya , niscaya kesuksesan itu kian mendekat dan menjadi manusia sukses bukanlah suatu hal yang mustahil . Makadari itu , SUSULLAH IA DENGAN KEYAKINAN TINGGI . Gapailah dan kejarlah :D

Created by Ria Kusuma Dewi
Thursday , June 16th , 2011





No comments:

Post a Comment