Sunday, July 17, 2011

Biologi Itu Mudah


Judul : BIOLOGI 2 SMA dan MA untuk kelas XI
Penulis : Diah Aryulina,Ph.D , Choirul Muslim,Ph.D , Syalfinaf Manaf , M.S. , Dr. Endang Widi W. , M.Pd.
Penerbit : Esis
Tahun Terbit : 2007
Tebal : xi + 356 halaman

Biologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup . Seiring berkembangnya waktu , ilmu biologi menjadi aspek penting yang mendasari kehidupan suatu makhluk hidup . Namun , biologi yang dipelajari di sekolah sering dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan membingungkan . Padahal memahami biologi sangat diperlukan karena biologi adalah bagian hidup dari manusia . Maka diperlukan suatu cara agar mempelajari biologi menjadi lebih menarik .

Inilah buku yang tepat untuk mengatasi kesulitan siswa . Melalui buku BIOLOGI 2 ini , topik-topik biologi dibahas dengan kalimat-kalimat yang mudah dipahami . Materi belajar yang dipaparkan adalah tidak saja materi biologi , namun juga materi aplikasi mutakhir dari biologi agar siswa tidak saja memahami perkembangan biologi namun juga kaitannya dengan pemanfaatan biologi di masyarakat dan lingkungan . Kegiatan belajar yang bervariasi disajikan agar siswa dapat mempraktikannya untuk mengembangkan kemampuan belajar ilmiah .

Buku ini mengacu pada KTSP Standar Isi 2006 dan didukung oleh gambar full colour yang akan memudahkan peserta didik memahami Biologi . Karena itulah , Diah Aryuolina dan Choirul Muslim yang mendapat gelar Doktor dari Virginia Polytechnic Institute and State University , USA menyuguhkan karakteristik buku ini yang membedakannya dengan buku lain seperti adanya subbab eksperimen , diskusi , zona kreatif , wirausaha , fakta bio , web bio , saling temas ( sains lingkungan teknologi masyarakat ) , proyek , evaluasi pemahaman dan penerapan konsep , evaluasi kinerja ilmiah , dan glosarium . Berbeda dengan buku biologi karya Istamar Syamsyuri lulusan FMIPA IKIP Malang yang hanya menyajikan materi secara ringkas , minimalnya gambar-gambar serta penyajian kertas yang tidak full colour .

Sayang , soal yang disajikan pada evaluasi pemahaman dan penerapan konsep pada buku BIOLOGI 2 terdapat kesalahan cetak sehingga membuat siswa merasa bingung dalam menyelesaikannya . Namun kesalahan tersebut hanya sedikit dan dapat diatasi .
Oleh karena itu , kehadiran buku BIOLOGI 2 ini layak diapresiasi . Diharapkan kehadiran buku ini mampu memberikan nilai manfaat bagi peserta didik khususnya siswa kelas XI yang ingin memahami biologi secara baik dan mendalam serta dapat mendorong berkembangnya kompetensi siswa .


Oleh :
Ria Kusuma Dewi
XII IPA 1 / 23

No comments:

Post a Comment